Coba KLIK !!!! Rasakan yang Akan terjadi

Minggu, 08 Januari 2023

UNTUK PENGANTIN BARU !!! BACA DOA INI, INSYAALLAH RUMAH TANGGA DIPENUHI KEBERKAHAN

 

Pernikahan adalah ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Keberkahan bagi pasangan yang baru melansungkan pernikahan bisa didapat dengan membaca doa untuk orang yang baru menikah.


Umat muslim dianjurkan untuk menikah. Hal tersebut disampaikan oleh Allah secara langsung dalam Al-Qur'an surat An-Nur ayat 32 yang berbunyi:

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Arab latin: Wa angki
ul-ayāmā mingkum wa-āliīna min 'ibādikum wa imā`ikum, iy yakn fuqarā`a yugnihimullāhu min falih, wallāhu wāsi'un 'alīm

Artinya: "Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Selain itu pernikahan adalah cara untuk mendapatkan ketenteram dan kasih sayang sebagai manusia yang tidak dapat hidup sendirian. Allah SWT berfirman:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab latin: Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa ra
mah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarn

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS Ar Rum : 21)


Doa untuk Orang Menikah

1.      Doa untuk Orang yang Baru Menikah

Mengutip buku Doa Mustajab Sepanjang Hayat oleh Nurdin Hasan, berikut adalah doa yang dapat disampaikan kepada keluarga atau kawan yang baru saja menikah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ


Arab latin: Baarokal laahu laka wa baaroka'alaika wa jama'a bainakumaa fii khairin

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan" (HR. Abu Dawud no. 2130)

 

2.     Doa untuk Orang Menikah Dibaca Suami

Setelah pasangan sudah dinyatakan sah lewat akad nikah, maka pengantin pria atau suami dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا

Arab latin: Allaahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi, wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa 'alaihi

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau tentukan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan yang Engkau tentukan kepadanya."

 

3.     Doa Keberkahan Bagi Orang yang Baru Menikah

Setiap pasangan yang baru menikah pastinya berharap keberkahan dalam rumah tangganya kelak. Oleh karena itu, berikut adalah doa untuk orang menikah atau pengantin baru:


يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ


Arab latin: Yā ayyuhan-nabiyyu iżā jā`akal-mu`minātu yubāyi'naka 'alā al lā yusyrikna billāhi syai`aw wa lā yasriqna wa lā yaznīna wa lā yaqtulna aulādahunna wa lā ya`tīna bibuhtāniy yaftarīnah
baina aidīhinna wa arjulihinna wa lā ya'īnaka fī ma'rfin fa bāyi'hunna wastagfir lahunnallāh, innallāha gafrur raīm


Artinya: "Wahai Nabi! Ketika wanita yang beriman datang kepada Anda untuk melakukan Bai'at (janji setia), bahwa mereka tidak akan menyekutukan Allah; Tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anak mereka, tidak akan berdusta bahwa mereka mengarang antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakai Anda dalam urusan yang baik, maka terimalah janji kesetiaan mereka dan mintalah ampunan bagi mereka dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al Mumtahanah : 12)

 

4.    Doa Berhubungan Suami Istri

Salah satu hal yang dapat dilakukan orang yang sudah menikah adalah hubungan suami istri. Sebelumnya melakukannya, maka perlu membaca doa ini terlebih dahulu:


بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا


Arab latin: Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa.


Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."


Sekarang sudah tahu kan doa untuk orang menikah? Doa-doa di atas dapat dibacakan kepada orang yang menikah atau bacaan doa bagi pengantin itu sendiri. Usahakan membaca doa dengan penuh ikhlas semata-maata hanya mengharapkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar