Coba KLIK !!!! Rasakan yang Akan terjadi

Jumat, 20 Maret 2020

LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM ISLAM


LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM ISLAM

Disusun ,Ali Mujib


BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Lembaga merupakan tempat berlangsungnya pelaksanaan pendidikan. Keberadaan lembaga pendidikan sangat penting,  karena dengan keberadaan lembaga  juga berfungsi sebagai tempat yang nyaman bagi para penuntut ilmu pengetahuan dan para pendidik.
Pada masa rasulullah paling tidak ada empat macam lembaga pendidikan yaitu : rumah sahabat, kuttab, masjid dan suffat. Rumah  pada umumnya di pahami sebagai tempat tinggal satu keluarga. Fungsi rumah, bermacam-macam, misalnya : tempat istirahat, tempat makan, tidur, tempat barang-barang berharga, dan sebagainya. Meskipun sifatnya sekunder, akan tetapi pada perkembangan teknologi seperti sekarang.
Langgar-langgar atau kutab sebelumnya merupakan tempat belajar membaca dan menulis semata-mata. Setelah islam tersebar luas, kegunaan kuttab tidak hanya sebagai tempat belajar baca tulis huruf arab, akan tetapi dipergunakann untuk mempelajari tulis baca al-qur’an serta menghafalnya.
Masjid yang didirikan pertama kali adalah masjid quba’ yang tempatnya diluar kota madinah, tepatnya di mirbad. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya masjid dalam kehidupan kaum muslimin, yakni bahwa masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, ritual saja, melainkan juga sebagai tempat aktifitas masyarakat islam baik dalam bidang keagamaan maupun bidang keduniaan.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.        Jelaskan lembaga pendidikan dalam Islam?
2.        Jelaskan Hadist Yang Berkaitan Dengan Lembaga Pindidikan?

C.       TUJUAN MASALAH
1.      Untuk memahami tentang lembaga pendidikan dalam Islam.
2.      Untuk mengetahui tentang Hadist yang berkaitan dengan lembaga pendidikan.

D.      BATASAN MASALAH
     Pada makalah yang penulis buat ini berisitan pembahasan tentang lembaga pendidikan dalam hadist. Sehingga kami hanya akan membahas tentang masalah yang bersangkutan dengan lembaga pendidikan dalam hadist tanpa keluar dari topic pembahasan atau keluar dari tema yang dibuwat oleh penulis.

E.       METODE PENELITIAN
Metode pemecahan masalah dilakukan melalui studi literatur / metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa buku referensi atau dari referensi lain yang mengacu pada masalah yang dibahas. Langkah pemecahan masalah dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan merumuskan masalah, melakukan langkah-langkah penilaian masalah, menetapkan sasaran dan tujuan, merumuskan jawaban atas masalah dari berbagai sumber, dan peyintesisan serta mengelola jawaban atas masalah tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN
A.      PENGERTIAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.
1.      Pengertian Lembaga Pendidikan
                       Lembaga menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah bakal dari sesuatu, asal mula yang akan menjadi sesuatu, bakal, bentuk, wujud, rupa, acuan, ikatan, badan atau organisasi yang mempunyai tujuan jelas terutama dalam bidang keilmuan.[1]
                       Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang berusaha mengelola dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitian keterampilan dan keahlian. yaitu dalam hal pendidikan intelektual, spiritual, serta keahlian/ keterampilan. Sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.

2.      Pengertian pendidikan dalam islam
Definisi pendidikan dikemukakan para ahli dalam rumusan yang beraneka ragam, antara lain sebagai berikut:[2]
a)      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa pendidikan ialah proses pengubah sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
b)      Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal Ayat 1 dikemukakan pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
c)      Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendididk terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
3.      Lembaga dalam pendidikan islam
Lembaga pendidikan Islam adalah suatu wadah, atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam, lembaga pendidikan itu mengandung konkirit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak, dengan adanya norma- norma dan peraturan- peraturan tertentu, serta penanggung jawab pendidikan itu sendiri.[3]
Menurut ensiklopedi Indonesia, lembaga pendidikan islam yaitu suatu wadah pendidikan yang dikelola demi mencapai hasil pendidikan yang diinginkan. Badan pendidikan sesungguhnya termasuk pula dalam alat-alat pendidikan, jadi badan/ lembaga pendidikan yaitu organisasi atau kelompok manusia yang karena sesuatu dan lain hal memikul tanggung jawab atas terlaksananya pendidikan agar proses pendidikan dapat berjalan dengan wajar.

B.       HADIST YANG BERKAITAN DENGAN LEMBAGA PINDIDIKAN

1.        حَدَّثَنَا آدَمُ، قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ حَدَّثَنِي ابْنُ الأَصْبَهَانِيِّ، قَالَ سَمِعْتُ أَبَا صَالِحٍ، ذَكْوَانَ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ،‏. قَالَتِ النِّسَاءُ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم غَلَبَنَا عَلَيْكَ الرِّجَالُ، فَاجْعَلْ لَنَا يَوْمًا مِنْ نَفْسِكَ‏. فَوَعَدَهُنَّ يَوْمًا لَقِيَهُنَّ فِيهِ، فَوَعَظَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ، فَكَانَ فِيمَا قَالَ لَهُنَّ مَا مِنْكُنَّ امْرَأَةٌ تُقَدِّمُ ثَلاَثَةً مِنْ وَلَدِهَا إِلاَّ كَانَ لَهَا حِجَابًا مِنَ النَّارِ [4]‏‏. فَقَالَتِ امْرَأَةٌ وَاثْنَيْنِ فَقَالَ وَاثْنَيْنِ ‏‏
Artinya:
“Telah menceritakan kepada kami Adam, dia berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dia berkata telah menceritakan kepadaku Ibnu Al Ashbahani, dia berkata: aku mendengar Abu Shalih Dzakwan menceritakan dari Abu Sa’id Al Khudri: Kaum wanita berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Kaum lelaki telah mengalahkan kami untuk bertemu dengan engkau, maka berilah kami satu hari untuk bermajelis dengan diri tuan.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berjanji kepada mereka satu hari untuk bertemu mereka; lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberi pelajaran dan memerintahkan kepada mereka. Di antara yang disampaikannya adalah: “Tidak seorangpun dari kalian yang didahului oleh tiga orang dari anaknya kecuali akan menjadi tabir bagi dirinya dari neraka”. Berkata seseorang: “Bagaimana kalau dua orang?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Juga dua’’.
dilihat dari hadist diatas bahwa lembaga pendidikan antara lain:[5]
a.        Masjid sebagai Lembaga Pendidikan
عَنْ أَبي سعيد : جَاءَتْ اِمْرَأَةٌ إلَى رَسُوْ لِ الله صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم فَقالَتْ: يارسول الله، ذَهَبَ الرِّجَالُ بِحَدِ يْثِكَ، فَا جْعَلْ لَنَا مِنْ نَفْسِكَ يَوْمًا نَأتِيْكَ فِيْهِ تُعَلّمُنَا مِمّا عَلّمَكَ الله. فَقَال َ: اِجْتَمِعْنَ فِيْ يَوْمِ كَذاوكذافِيْ مَكَانِ كَذَاوَكَذَا. فَا جْتَمِعْنَ. فَأتَاهُنّ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم فَعَلّمَهُنّ مِمّا عَلّمَهُ الله ثُمَّ قال: مَا مِنْكُنَّ إمْرَأةٌ تَقَدّمَ بَيْنَ يَدَيْهَا مِنْ وَلِدِهَا ثَلَاثَةٌ إلّاكَانَ لَهَا حِجَابًامِنَ النّارِ .فَقَا لَتْ اِمْرَأة ٌمِنْهُنّ: يارسول الله اِثْنَيْنِ؟ قَالَ: فَأعَادَتْهَامَرّتَيْنِ ثُمّ قال: وَاثْنَيْنِ، وَاثْنَيْنِ، وَاثْنَيْنِ.
(رواه البخاري في الصحيح, كتاب إلاعتصام بالكتاب والسنة, باب تعليم النبي صلى الله عليه وسلم أمته من الرجال والنساءمماعلمه الله ليس برأي ولاتمثيل
Artinya: Dari Abu Sa’id, “ Seorang perempuan datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata, ‘ Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah pergi dengan haditsmu. Tetapkanlah untuk kami atas kemauanmu suatu hari yang kami datang padamu di hari itu, agar engkau mengajarkan kepada kami apa yang diajarkan Allah kepadamu’. Beliau bersabda, ‘Berkumpullah pada hari ini dan itu, di tempat ini dan itu’. Maka mereka pun berkumpul. Lalu Rasulullah SAW datang menemui mereka dan mengajarkan kepada mereka apa yang diajarkan Allah kepadanya. Setelah itu beliau bersabda, ‘Tidak ada seorang perempuan pun diantara kalian yang ditinggal mati tiga orang anaknya, melainkan anaknya itu menjadi penghalang bagi ibunya dari neraka’. Seorang perempuan diantara mereka berkata, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana dengan dua orang?’ Beliau bersabda,’Dan dua orang, dan dua orang, dan dua orang’.
Berdasarkan matan hadis tersebut dapat diambil aspek tarbawinya, antara lain;
1)        Rasulullah memberikan nasehat/ pengajaran kepada kaum wanita di tempat yang terpisah atau secara tersendiri, biasanya tempat pengajaran Rasulullah adalah masjid.
2)        Bolehnya seorang murid menanyakan keterangan gurunya atau seorang pengikut mengkritisi pendapat orang yang belum yang dipahaminya. Jika dikaitkan dengan judul yaitu masjid sebagai madrasah maka disini aspek tarbawi nya dapat dilihat dari tempat pengajaran atau lembaga pendidikan Rasulullah dalam mengajar. Nabi saw.tidak memiliki madrasah yang permanen. Beliau tidak memiliki pondok pesantren untuk pendidikan, tempat beliau duduk memberikan ceramah dihadapan para santrinya. Namun, majelis-majelis keilmuan beliau luas, umum, dan universal( syamil), laksana hujan turun disetiap tempat, memberikan manfaat kepada para orang-orang khusus maupun orang-orang umum. Pada umumnya para sahabat berkumpul di masjid untuk menunaikan shalat-shalat fardhu, maka beliau lebih banyak menyelenggarakan majelis-majelis keilmuan di masjid. Masjid dengan demikian menjadi tempat yang resmi sekaligus murni untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, serta untuk mengulangi pelajaran, nasihat dan petunjuk.
b.        Rumah Sebagai Lembaga Pendidikan
عثمان بن الأرقم أنه كان يقول : أنا ابن سبع الإسلام أسلم أبي سابع سبعة و كانت داره على الصفا و هي الدار التي كان النبي صلى الله عليه و سلم يكون فيها فيالإسلام و فيها دعا الناس إلى الإسلام
(رواه الحاكم فى المستدرك, باب ذكر الأر قم بن أبي الأرقم المخزومي رضي الله عنه)
Artinya: “Ustman bin Arqam berkata: saya masuk Islam usia tujuh tahun, ayah saya orang yang ke tujuh masuk Islam. Rumahnya di tanah safa dan rumah itu pernah di tempati oleh Nabi Muhammad SAW untuk berdakwah dan berdo’a kepada manusia untuk masuk Islam. (HR. Al- Hakim)”.
Dari hadits diatas dapat dipahami bahwa Ustman bin Abi Arqam telah masuk islam pada usia 7 tahun, ayahnya terlebih dahulu masuk islam dan termasuk golongan assabiqunal awwalun (orang yang mula-mula masuk islam), merupakan orang yang ke tujuh dari jumlah orang tujuh tersebut. Rumahnya terletak di daerah Safa, dan di rumah tersebut Rasulullah pernah menempati di dalamnya untuk berdakwah atau mengajak manusia untuk masuk Islam dan di rumah itu banyak orang yang masuk Islam.
Rumah milik Abu Abdillah al-Arqam bin Abi al-Arqam ini merupakanMadrasah pertama sepanjang sejarah Islam, tempat ilmu pengetahuan dan amal saleh diajarkan secara terpadu oleh sang guru pertama, yaitu Muhammad Rasulullah Saw.Beliau sendiri yang mengajar dan mengawasi proses pendidikan disana.
Akhirnya rumah Al-Arqam yang sebelumnya disebut Dar al-Arqam (rumah Al-Arqam), setelah dia memeluk Islam disebut dengan Dar al-Islam (Rumah Islam).
Berdasarkan matan hadits tersebut dapat diambil aspek tarbawi sebagai berikut:
Pendidikan anak diawali dari rumah. Nyatanya, rumah adalah sebuah madrasah pertama bagi anak-anak. Rumah adalah tempat anak mendapatkan pengajaran dari orang tuanya sebelum ia terjun ke dunia pendidikan. Seperti dalam hadits ini “ Setiap anak dilahirkan dengan membawa (dalam keadaan) fitrah. Kedua orang tuanya yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani atau Majusi”. Telah jelas bahwa apabila di dalam rumah itu terdiri dari orang tua yang selalu mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya, selalu dihiasi dengan nuansa islami akan tercipta keluarga yang harmonis.
Oleh karena itu peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anaknya, sebab orang tua merupakan figur yang menjadi teladan bagi anak-anak, secara tidak langsung mereka belajar dari perilaku kedua orang tuanya. Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan ketakutan, ia belajar gelisah. Jika anak dibesarkan dengan rasa iba, ia belajar menyesali diri. Jika anak dibesarkan dengan olok-olok, ia belajar rendah diri. Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri. Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai. Jika anak dibesarkan dengan rasa berbagi, ia belajar kedermawanan. Jika anak dibesarkan dengan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.
c.         Kuttab Sebagai Lembaga Pendidikan Islam
Kuttab merupakan salah satu tempat belajar dalam sejarah islam, kuttab sudah dikenal di negri arab sebelum islam, di pahami sebagai tempat yang sempit, terbatas. Terkadang disebut juga dengan maktab. Kuttab dikenal sebagai bangunan kecil, atau sebuah kamar dirumah atau kamar yang sebelahan dengan masjid.
Langgar-langgar atau kutab sebelumnya merupakan tempat belajar membaca dan menulis semata-mata. Setelah islam tersebar luas, kegunaan kuttab tidak hanya sebagai tempat belajar baca tulis huruf arab, akan tetapi dipergunakann untuk mempelajari tulis baca al-qur’an serta menghafalnya.
Muhammad Munir Mursi, mengatakan bahwa tujuan utama didirikan kuttab, adalah untuk menghafal al-qur’an al karim, mempelajari al-qur’an dengan menuliskannya. Menghafal al-qur’an bukan suatu perkara yang mudah, akan tetapi memiliki persyaratan, misalnya perlu fokus dalam menghafalnya, sehingga perlu menyendiri di kuttab. Di kuttab para sahabat ditugaskan untuk menulis ayat-ayat al-qur’an.
Kuttab sebagai lembaga pendidikan tetap di pakai pada zaman keemasan islam. Bangsa arab sebelum datangnya islam, dikenal sebagai manusia buta aksara, setelah kedatangan islam, rasulullah SAW menggalakkan wajib belajar tulis baca, sehingga tidak berapa lama kemudian, bangsa arab menjadi masyarakat yang memiliki budaya baca yang kuat. Dua abad setelah rasulullah Wafat, islam meraih zaman keemasan, sebagai negara adikuasa super power pada masa itu.

d.        Suffah Sebagai Lembaga Pendidikan
Suffah merupakan bangunan atau ruang yang bersambung dengan masjid, suffah dapat dilihat sebagai sekolah karena kegiatan pengajaran dan pembelajaran dilakukan secara teratur dan sistematik. Contohnya : masjid nabawi yang mempunyai suffat yang digunakan untuk majlis ilmu, lembaga ini juga menjadi semacam asrama bagi para sahabat. Yang tidak atau belum mempunyai tempat tinggal yang permanen, dan memiliki kemampuan finansial, Abu hurairah menjelaskan bahwa ahlu al-suffat adalah tamu allah yang tidak mempunyai tempat tinggal, keluarga dan harta. Apabila rasulullah SAW diberi sedekah, beliau akan berikan kepada ahlul suffat, dan beliau tidak memakan sedikitpun darinya
Ketika fatimah dan ali bin abi thalib datang kepada rasulullah umtuk meminta pembantu, rasulullah menjawab “ demi allah! Saya tidak akan memberikan kepada kalian berdua. Bagaimana mungkin saya memberikan ahlul suffat, melipat perutnya, dan tidak ada sesuatu yang bisa saya berikan kepada mereka. Tetapi saya akan menjual mereka (tawanan) dan harganya akan saya berikan kepada mereka.
Imam bukhari meriwayatkan hadits yang semakna menyebutkan, “ dalil bahwa seperlima diberikan kepada rasulullah dengan orang-orang miskin dan itsar (mendahulukan orang lain daripada dirinya). Rasulullah mandahulukan kebutuhan penghuni suffat dan janda ketika beliau diminta oleh putrinya yang mengadu kepadanya bahwa ia menggiling gandum sendiri agar diberikan budak untuk membantunya, namun beliau menyerahkan kepada allah.
Dengan demikian, keberadaan orang yang tidak mempunyai biaya dan tempat tinggal, diberikan perhatian khusus oleh rasulullah. Bahkan rasulullah SAW mengutamakan hadiah yang diberikan kepada beliau untuk di serahkan kepada ahlul suffah. Kegiatan ahlul suffah disamping adalah sebagai ibadah dan belajar adalah juga membantu rasulullah SAW untuk perang.

2.       صحيح البخاري ٥٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سِنَانٍ قَالَ حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ ح و حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُلَيْحٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ حَدَّثَنِي هِلَالُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَبَيْنَمَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَجْلِسٍ يُحَدِّثُ الْقَوْمَ جَاءَهُ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ مَتَى السَّاعَةُ فَمَضَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحَدِّثُ فَقَالَ بَعْضُ الْقَوْمِ سَمِعَ مَا قَالَ فَكَرِهَ مَا قَالَ وَقَالَ بَعْضُهُمْ بَلْ لَمْ يَسْمَعْ حَتَّى إِذَا قَضَى حَدِيثَهُ قَالَ أَيْنَ أُرَاهُ السَّائِلُ عَنْ السَّاعَةِ قَالَ هَا أَنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِر.[6] السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا قَالَ إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sinan berkata, telah menceritakan kepada kami Fulaih. Dan telah diriwayatkan pula hadits serupa dari jalan lain, yaitu Telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Al Mundzir berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fulaih berkata, telah menceritakan kepadaku bapakku berkata, telah menceritakan kepadaku Hilal bin Ali dari Atho' bin Yasar dari Abu Hurairah berkata: Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berada dalam suatu majelis membicarakan suatu kaum, tiba-tiba datanglah seorang Arab Badui lalu bertanya: "Kapan datangnya hari kiamat?" Namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tetap melanjutkan pembicaraannya. Sementara itu sebagian kaum ada yang berkata; "beliau mendengar perkataannya akan tetapi beliau tidak menyukai apa yang dikatakannya itu, " dan ada pula sebagian yang mengatakan; "bahwa beliau tidak mendengar perkataannya." Hingga akhirnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyelesaikan pembicaraannya, seraya berkata: "Mana orang yang bertanya tentang hari kiamat tadi?" Orang itu berkata: "saya wahai Rasulullah!". Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila sudah hilang amanah maka tunggulah terjadinya kiamat". Orang itu bertanya: "Bagaimana hilangnya amanat itu?" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka akan tunggulah terjadinya kiamat".
Dari hadist lain juga di terangkan:[7]
 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سِنَانٍ حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا هِلَالُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا أُسْنِدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sinan telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami Hilal bin Ali dari 'Atho' bin yasar dari Abu Hurairah radhilayyahu'anhu mengatakan; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi." Ada seorang sahabat bertanya; 'bagaimana maksud amanat disia-siakan? ' Nabi menjawab; "Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu".



BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
     Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang berusaha mengelola dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitian keterampilan dan keahlian.
     Lembaga pendidikan Islam adalah suatu wadah, atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam, lembaga pendidikan itu mengandung konkirit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak, dengan adanya norma- norma dan peraturan- peraturan tertentu, serta penanggung jawab pendidikan itu sendiri.
Lembaga pendidikan pada zaman rasulullah diantaranya:
1.        Masjid sebagai Lembaga Pendidikan
2.        Rumah Sebagai Lembaga Pendidikan
3.        Kuttab Sebagai Lembaga Pendidikan Islam
4.        Suffah Sebagai Lembaga Pendidikan
Dan dilihat dari hadist diatas maka juga dapat disimpulkan bahwasanya suatu lembaga Jika dijalankan oleh orang yang bukan ahlinya , maka tunggulah kehancuran itu."


DAFTAR PUSTAKA


Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. 1999. Jakarta: Raja Grafindo Persada. hal 17.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam. radisi dan Modernisasi Menuju Milennium Baru. 1994. Jakarta: PT Logis. hal 57.

Achmad, M. Pengantar Ilmu Pendidikan. 2012. Semarang :Unnes Press. hal 220.
HSR Bukhari vol.1 No.101

Hanun, Asrohah. Sejarah Pendidikan Islam. 1999. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. hal 108.

Ibid,. 101.

al-Naquib,Muhammad.1984. Konsep Pendidikan dalam Islam. Terjemah. Haidar Bagir. Bandung; Mizan. hal 80.



[1] Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1999),hal 17.
[2] Azyumardi Azra, Pendidikan Islam., radisi dan Modernisasi Menuju Milennium Baru, (Jakarta: PT Logis, 1994), hal 57.
[3] M Achmad, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Semarang :Unnes Press. 2012),hal 220.
[4] HSR Bukhari vol.1 No.101
[5] Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999) hal 108.
[6] Ibid,. 101.
[7] Muhammad al-Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam, terj, Haidar Bagir, (Bandung; Mizan, 1984), hal 80.

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPEKTIF FILOSOFIS


LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM
PERSEPEKTIF FILOSOFIS

Disusun oleh: Abdul Muttholib, Ali Mujib, M. Imam Mas’ud, Dwi Satya Mega Puspita

Latar Belakang

Lembaga pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan proses pendidikan karena lembaga berfungsi sebagai mediator dalam mengatur jalannya pendidikan. Dan pada zaman sekarang ini tampaknya tidaklah disebut pendidikan jika tidak ada lembaganya. Lembaga pendidikan dewasa ini juga sangat mutlak keberadaannya bagi kelancaran proses pendidikan. Apalagi lembaga pendidikan itu dikaitkan dengan konsep islam. Lembaga pendidikan islam merupakan suatu wadah dimana pendidikan dalam ruang lingkup keislaman melaksanakan tugasnya demi tercapainya cita-cita umat islam.

Keluarga, masjid, pondok pesantren dan madrasah merupakan lembaga-lembaga pendidikan islam yang mutlak diperlukan di suatu negara secara umum atau disebuah kota secara khususnya, karena lembaga-lembaga itu ibarat mesin pencetak uang yang akan menghasilkan sesuatu yang sangat berharga, yang mana lembaga-lembaga pendidikan itu sendiri akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan mantap dalam aqidah keislaman. Pendidikan di Indonesia telah berlangsung jauh-jauh hari sebelum terbentuknya Republik Indonesia. Pendidikan di Indonesia sudah ada sejak zaman kuno, oleh sebab itu sejarah pendidikan di Indonesia bisa dibilang cukup panjang. Pada awalnya pendidikan di Indonesia muncul sejak zaman kuno, kemudian mulai berkembang saat agama hindu-budha masuk ke Indonesia. Masuknya agama hindhu ke Indonesia memberi dampak yang cuckup signifikan terhadap system pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan Hindu - Buddha dikenal dengan istilah karsyan. Karsyan adalah tempat yang diperuntukan bagi betapa dan untuk orang-orang yang mengundurkan diri dari keramaian dunia dengan tujuan mendekatkan diri dengan dewa tertinggi. Karsyan dibagi menjadi dua bentuk yaitu patapan dan mandala. Pendidikan terus berkembang terutama di daerah-daerah yang menjadi pusat kerajaan, seperti di Sriwijaya yang berdiri sebuah universitas.

Pada abad ke-14 saat agama Islam masuk keIndonesiadibawa oleh para pedagang dari Gujarab-india. Masuknya Islam mulai menggeser kedudukan agama Hindu, lebih lagi saat kerajaan majapahit runtuh dan digantikan kerajaan Demak. Masuknya islam membentuk budaya baru dalam masyarakat. Salah satunya adalah system pendidikan. Islam memberi warna baru dalam dunia pendidikan saat itu. Bisa dikatakan sistem pendidikan pada masa Islam merupakan bentuk akulturasi antara sistem pendidikan patapan Hindu-Buddha dengan sistem pendidikan Islam yang telah mengenal istilah uzlah (menyendiri). Akulturasi tersebut tampak pada sistem pendidikan yang mengikuti kaum agamawan Hindu-Buddha, saat guru dan murid berada dalam satu lingkungan permukiman. Dalam Hindu-Budha tempat itu dikenal dengan mandala, sedangkan dalam islam biasa disebut sebagai pesantren atau padepokan. Padepokan berasal dari kata petepan yang artinya tempat pendidikan, istilah itu sudah dikenal sejak zaman Hindu-Budha. Pendidikan Islam pada umumnya muncul dan berkembang karena pengaruh seorang tokoh agama, yang sering di sebut kiayi. Khusus di pulau jawa, tokoh agama itu disebut wali. Pada umumnya para wali mendirikan sebuah pesantren untuk mengajarkan agama islam. [1]

Pendidikan Islam semakin berkembang sejalan dengan adanya ide-ide cemerlang dari para tokoh Islam itu sendiri dalam mengembangkan pendidikan Islam. Pada pembahasan kali ini, pemakalah akan mencoba mengkupas seputar lembaga dan sarana-sarana pendidikan islam.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas kami dapat memberikan beberapa rumusan masalah, yaitu:

1.         Bagaimanakah konsep Lembaga Pendidikan Islam secara singkat?

2.         Apa saja jenis-jenis lembaga pendidikan islam?

Tujuan

1.         MengetahuikonsepLembagaPendidikan Islam secarasingkat.

2.         Memahamijenis-jenis lembaga pendidikan islam.

 

 

PEMBAHASAN

Konsep Lembaga Pendidikan Islam

Pengertian Lembaga Pendidikan Islam

Secara etimologi lembaga adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberi bentuk pada yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan suatu penelitian keilmuan atau melakukan sesuatu usaha. Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa lembaga mengandung dua arti, yaitu: 1) pengertian secara fisik, materil, kongkrit, dan 2) pengertian secara non-fisik, non-materil, dan abstrak [2]

Dalam bahasa inggris, lembaga disebut institute (dalam pengertian fisik), yaitu sarana atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu, dan lembaga dalam pengertian non-fisik atau abstrak disebut institution, yaitu suatu sistem norma untuk memenuhi kebutuhan. Lembaga dalam pengertian fisik disebut juga dengan bangunan, dan lembaga dalam pengertian nonfisik disebut dengan pranata [3]

Secara terminologi, Amir Daiem mendefinisikan lembagapendidikan  dengan orang atau badan yang secara wajar mempunyai tanggung jawab terhadap pendidikan. Rumusan definisi yang dikemukakan Amir Daiem ini memberikan penekanan pada sikap tanggung jawab seseorang terhadap peserta didik, sehingga dalam realisasinya merupakan suatu keharusan yang wajar bukan merupakan keterpaksaan. Definisi lain tentang lembaga pendidikan adalah suatu bentuk organisasi yang tersusun relatif tetap atas pola-pola tingkah laku, peranan-peranan elasi-relasi yang terarah dalam mengikat individu yang mempunyai otoritas formal dan sangsi hukum, guna tercapainya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar [4]

Daud Ali dan Habibah Daud menjelaskan bahwa ada dua unsur yang kontradiktif dalam pengertian lembaga, pertama pengertian secara fisik, materil, kongkrit dan kedua pengertian secara non fisik, non materil dan abstrak. Terdapat dua versi pengertian lembaga dapat dimengerti karena lembaga ditinjau dari segi fisik menampakkan suatu badan dan sarana yang didalamnya ada beberapa orang yang menggerakkannya, dan ditinjau dari aspek non fisik lembaga merupakan suatu sistem yang berperan membantu mencapai tujuan [5]

Adapun lembaga pendidikan islam secara terminologi dapat diartikan suatu wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan islam. Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa lembaga pendidikan itu mengandung pengertian kongkrit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian yang abstrak, dengan adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu, serta penananggung jawab pendidikan itu sendiri[6]Pendidikan Islam termasuk masalah sosial, sehingga dalamkelembagaannya tidak terlepas dari lembaga-lembaga sosial yang ada.Lembaga tersebut juga institusi atau pranata, sedangkan lembaga sosialadalah suatu bentuk organisasi yang tersusun realatif tepat atas pola-polatingkah laku, peranan-peranan dan relasi-relasi yang yang terarah dalammengikat individu yang mempunyai otoritas formal dan sangsi hukum,guna tercapainya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar.

Menurut Pius Partanto, M. Dahlan Al Barry ”lembaga adalah badanatau yayasan yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan pendidikan,kemasyarakatan dan sebagainya” [7]

Menurut Muhaimin ”lembaga pendidikan Islam adalah suatu bentukorganisasi yang mempunyai pola-pola tertentu dalam memerankanfungsinya, serta mempunyai struktur tersendiri yang dapat mengikatindividu yang berada dalam naungannya, sehingga lembaga ini mempunyaikekuatan hukum sendiri”. [8]

Merujuk dari pendapat di atas lembaga pendidikan Islam adalahtempat berlangsungnya proses pendidikan Islam bersama dengan prosespembudayaan serta dapat mengikat individu yang berda dalamnaungannya, sehingga lembaga ini mempunyai kekuatan hukum.

Pendidikan Islam yang berlangsung melalui proses operasionalmenuju tujuannya, memerlukan sistem yang konsisten dan dapatmendukung nilai-nilai moral spiritual yang melandasinya. Nilai-nilaitersebut diaktualisasikan berdasarkan otentasi kebutuhan perkembanganfitrah siswa yang dipadu dengan pengaruh lingkungan kultural yang ada.

 

Tujuan Lembaga Pendidikan Islam

Tujuan lembaga pendidikan Islam (madrasah) maka tidak terlepasdari tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Tujuan pendidikan Islam digalidari nilai-nilai ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits.

Menurut Muhaimin, ”Lembaga pendidikan Islam secara umum bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayalan dampen galaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlakmulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangsa danbernegara”. [9]

Lembaga pendidikan Islam mempunai tujuan untuk mengembangkansemua potensi yang dimiliki manusia itu, mulai dari tahapan kognisi, yakni pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan afeksi, yakni terjadinya proses internalisasi ajaran dan nilai agama ke dalam diri siswa, dalam arti menghayati dan meyakininya. Melalui tahapan efeksi tersebut diharapkan bertumbuh motivasi dalam diri siswa dan bergerak untuk mengamalkan dan menaati ajaran Islam ( tahap psikomotorik) yang telah di internalisasikan dalam dirinya. Dengan demikian, akan terbentuk manusia muslim yang bertakwa dan berakhlak mulia.

 

Tugas Lembaga Pendidikan Islam

Lembaga pendidikan Islam seperti halnya pada sekolah umumnya,adalah merupakan lembaga pendidikan kedua setelah keluarga.Menurut An-Nahkawi, ”Tugas-tugas yang ditambah oleh lembagapendidikan Islam adalah:

1)      merealisasikan pendidikan Islam yangdidasarkan atas prinsip pikir, aqidah dan tasyri’ (sejarah) yang diarahkanuntuk mencapai tujuan pendidikan. Bentuk dan realisasi itu adalah agaranak didik beribadah, mentahidkan Allah SWT, tunduk dan patuh kepadaperintah dan syariat-Nya.

2)      Memelihara fitrah anak didik sebagai insanyang mulia, agar tidak menyimpang dari tujuan Allah menciptakannya.

3)      Memberikan kepada anak didik seperangkap peradaban dan kebudayaanIslami dengan cara mengintengrasikan antara ilmu-ilmu alam, ilmu sosial,ilmu eksak, dengan landasan ilmu-ilmu agama, sehingga anak didikmampu melibatkan dirinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dantehnologi.

4)      Membersihkan pikiran dan jiwa anak didik dari pengaruhsubyektivitas (emosi) karena pengaruh zaman yang terjadi pada dewasaini lebih mengarahkan pada penyimpangan fitrah manusia.

5)      Memberikan wawasan nilai dan moral, dan peradaban manusia yangmembawa khasanah pemikiran anak didik menjadi berkembang.

6)      Menciptakan suasana kesatuan dan kesamaan antara anak didik.

7)      Tugasmengkoordinasi dan membebani kegiatan pendidikan.

8)      Menyempurnakan tugas-tugas lembaga pendidikan keluarga, masjid danpesantren.

Tugas lembaga pendidikan pada intinya adalah sebagai wadah untukmemberikan pengarahan, bimbingan dan pelatihan agar manusia dengansegala potensi yang dimilikinya dan dapat dikembangkan dengan sebaikbaiknya.Tugas lembaga pendidikan Islam yang terpenting adalah dapatmengantarkan manusia kepada misi penciptaannya sebagai hamba Allahsebagai kholifah fi Al-Ardhi, yaitu seorang hamba yang mampu beribadahdengan baik dan dapat mengembangkan amanah untuk menjaga dan untukmengelolah dan melestarikan bumi dengan mewujudkan kebahagiaan dankesejahteraan seluruh alam.

 

Jenis Lembaga Pendidikan Islam

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir (2008) mengemukakan beberapa jenis lembaga pendidikan islam, yaitu keluarga, masjid, pondok pesantren dan madrasah. Selain yang di ungkapkan dari Abdul Mujib dan jusuf Mudzakkir juga akan di paparkan tentang lembaga pendidikan Islam Majelis Ta’lim dan PerguruanTinggi Islam (IAIN).

Keluarga Sebagai Lembaga Pendidikan Islam

Dalam Islam, keluarga dikenal dengan istilah usrah, nasl, ‘ali, dan nasb. Keluarga dapat diperoleh melalui keturunan (anak, cucu), perkawinan (suami, istri), persusuan, dan pemerdekaan.[10] Pentingnya serta keutamaan keluarga sebagai lembaga pendidikan islam disyaratkan dalam al-Quran[11] Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. (Q.S. al-Tahrim : 6)

Sebagai pendidik anak-anaknya, ayah dan ibu memiliki kewajiban dan memiliki bentuk yang berbeda karena keduanya berbeda kodrat. Ayah berkewajiban mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhaan keluarganya melalui pemanfaatan karunia Allah SWT di muka bumi (QS. Al-Jumu’ah : 10) dan selanjutnya dinafkahkan pada anak istrinya (QS. al-Baqarah: 228, 233). Kewajiban ibu adalah menjaga, memelihara dan mengelola keluarga di rumah suaminya, terlebih lagi mendidik dan merawat anaknya. Dalam sabda Nabi SAW. dinyatakan: “Dan perempuan adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan ditanyai dari pimpinannya itu” (HR. Bukhari-Muslim.[12]

Sebagai pendidikan yang pertama dan utama, pendidikan keluarga dapat mencetak anak agar mempunyai kepribadian yang kemudian dapat dikembangkan dalam lembaga-lembaga berikutnya, sehingga wewenang lembaga-lembaga tersebut tidak diperkenankan mengubah apa yang telah dimilikinya, tetapi cukup dengan mengombinasikan antara pendidikan yang diperoleh dari keluarga dengan pendidikan lembaga tersebut, sehingga masjid, pondok pesantren dan sekolah merupakan tempat peralihan dari pendidikan keluarga[13]

Secara umum, kewajiban orang tua pada anak-anaknya adalah sebagi berikut[14]

1)      Mendo’akan anak-anaknya dengan do’a yang baik. (QS. al-Furqan: 74)

2)      Memelihara anak dari api neraka. (QS. at-Tahrim: 6)

3)      Menyerukan shalat pada anaknya. (QS. Thaha: 132)

4)      Menciptakan kedamaian dalam rumah tangga. (QS. an-Nisa’: 128)

5)      Mencintai dan menyayangi anak-anaknya. (QS. ali Imran: 140)

6)      Bersikap hati-hati terhadap anak-anaknya. (QS. al-Taghabun: 14)

7)      Mencari nafkah yang halal. (QS. al-Baqarah: 233)

8)      Mendidik anak agar berbakti pada bapak-ibu (QS. an-Nisa’: 36, al-An’am: 151, al-Isra’: 23) dengan cara mendo’akannya yang baik.

9)      Memberi air susu sampai 2 tahun. (QS. al-Baqarah: 233)

Peranan para orang tua sebagai pendidik adalah[15]

1)      Korektor, yaitu bagi perbuatan yang baik dan yang buruk agar anak memiliki kemampuan memilih yang terbaik bagi kehidupannya;

2)      Inspiratory yaitu yang memberikan ide-ide positif bagi pengembangan kreativitas anak;

3)      Informatory yaitu memberikan ragam informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan kepada anak agar ilmu pengetahuan anak didik semakin luas dan mendalam

4)      Organisator yaitu memiliki keampuan mengelola kegiatan pembelajaran anak yang baik dan benar;

5)      Motivator yaitu mendorong anak semakin aktif dan kreatif dalam belajar;

6)      Inisiator yaitu memiliki pencetus gagasan bagi pengembangan dan kemajuan pendidikan anak

7)      Fasilitator yaitu menyediakan fasilitas pendidikan dan pembelajaran bagi kegiatan belajar anak;

8)      Pembimbing yaitu membimbing dan membina anak ke arah kehidupan yang bermoral, rasional, dan berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam dan semua norma yang berlaku di masyarakat.

Masjid Sebagai Lembaga Pendidikan Islam

Secara harfiah, masjid adalah “tempat untuk bersujud”. Namun, dalam arti terminologi, masjid diartikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas ibadah dalam arti yang luas[16]. Dalam bahasa Indonesia, masjid diartikan rumah tempat bersembahyang bagi orang Islam. Di dalam bahasa inggris, kata masjid merupakan terjemahan dari kata mosque[17]

Pendidikan Islam tingkat pemula lebih baik dilakukan di masjid sebagai lembaga pengembangan pendidikan keluarga, sementara itu dibutuhkan sutau lingkaran (lembaga) dan ditumbuhkannya. Dewasa ini, fungsi masjid mulai menyempit, tidak sebagaimana pada zaman Nabi SAW. Hal itu terjadi karena lembaga-lembaga sosial keagamaan semakin memadat, sehingga masjid terkesan sebagai tempat ibadah shalat saja. Pada mulanya, masjid merupakan sentral kebudayaan masyarakat Islam, pusat organisasi kemasyarakatan, pusat pendidikan, dan pusat pemukiman, serta sebagai tempat ibadah  dan I’tikaf[18]

Al-‘Abdi menyatakan bahwa masjid merupakan tempat terbaik untuk kegiatan pendidikan. Dengan menjadikan lembaga pendidikan dalam masjid, akan terlihat hidupnya Sunnah-sunnah Islam, menghilangkan segala bid’ah, mengembangkan hukum-hukum Tuhan, serta menghilangnya stratafikasi status sosial-ekonomi dalam pendidikan. Karena itu, masjid merupakan lembaga kedua setelah lembaga pendidikan keluarga[19]

Fungsi masjid dapat lebih efektif bila di dalamnya disediakan fasilitas-fasilitas terjadinya proses belajar mengajar. Fasilitas yang diperlukan adalah sebagai berikut[20]

1)      Perpustakaan, yang menyediakan berbagai buku bacaan dengan berbagai disiplin keilmuan.

2)      Ruang diskusi, yang digunakan untuk berdiskusi sebelum dan sesudah shalat jamaah. Program inilah yang dikenal dengan istilah “I’tikaf ilmiah”.

3)      Ruang kuliah, baik digunakan untuk traning (tadrib) remaja masjid, atau juga untuk Madrasah Diniyah. Omar Amin Hoesin memberi istilah ruang kuliah tersebut dengan Sekolah Masjid. Kurikulum yang disampaikan khusus mengenai materi-materi keagamaan untuk membantu pendidikan formal, yang proporsi materi keagamaannya lebih minim dibandingkan dengan proporsi materi umum.

4)      Apabila memungkinkan, teknik ceramah dapat diubah dengan teknik komunikasi transaksi, yakni antara penceramah dengan para audien, terjadi dialog aktif satu sama lain, sehingga situasi dalam ceramah menjadi semakin aktif dan tidak monoton.

Menurut Abuddin Nata, terdapat dua peran yang dilakukan oleh masjid. Pertama, peran masjid sebagai lembaga pendidikan informal dan nonformal. Peran masjid sebagai lembaga pendidikan informal dapat dilihat dari segi fungsinya sebagai tempat ibadah shalat lima waktu, shalat Idul Fitri, Idul Adha, berzikir dan berdo’a. Pada semua kegiatan ibadah tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan mental spiritual yang amat dalam. Adapun peran masjid sebagai lembaga pendidikan nonformal dapat terlihat dari sejumlah kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bentuk halaqoh (lingkaran studi) yang dipimpin oleh seorang ulama dengan materi utamanya tentang ilmu agama Islam dengan berbagai cabangnya. Kegiatan tersebut berlangsung mengalir sedemikian rupa, tanpa sebuah aturan formal yang tertulis dan mengikat secara kaku.

Kedua, peran masjid sebagai lembaga pendidikan sosial kemasyarakatan dan kepemimpinan. Hal-hal yang berkaitan dengan kepentinagan masyarakat dapat dipelajari di masjid dengan cara melibatkan diri dalam berbagai kegiatan yang bersiafat amaliah. Mereka yang banyak terlibat dan aktif dalam berbagai kegiatan di masjid akan memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan tugas-tugas kemasyarakatan dan kepemimpinan[21]

 

Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam

Kehadiran kerajaan Bani Umaiyah menjadikan pesatnya ilmu pengetahuan, sehingga anak-anak masyarakat Islam tidak hanya belajar di masjid tetapi juga pada lembaga-lembaga yang ketiga, yaitu “kuttab” (pondok pesantren). Kuttab, dengan karateristik khasnya, merupakan wahana dan lembaga pendidikan Islam yang semula sebagai lembaga baca dan tulis dengan sistem halaqah (sistem wetonan). Pada tahap berikutnya kuttab mengalami perkembangan pesat karena didukung oleh dana dari iuran masyarakat serta adanya rencana-rencana yang harus dipatuhi oleh pendidik dan peserta didik. [22]

Di Indonesia, istilah kuttab lebih dikenal dengan istilah “pondok pesantren” yaitu suatu lemabaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat seorang kiai (pendidik) yang mengajar dan mendidik para santri (peserta didik) dengan sarana masjid yang digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan tersebut, serta didukung adanya pemondokon atau asrama sebagai tempat tinggal para santri. [23]

Menurut para ahli pesantren baru dapat disebut pesantren bila memenuhi lima syarat, yaitu: (1) ada kiai, (2) ada pondok, (3) ada masjid, (4) ada santri, (5) ada pelajaran membaca kitab kuning. [24]

Tujuan terbentuknya pondok pesantren adalah: [25]

1)      Tujuan umum, yaitu membimbing anak didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian Islam, yang dengan ilmu agamanya ia sanggup menjadi mubalig Islam dalam masyarakat sekitar melalui ilmu dan amalnya,

2)      Tujuan khusus, yaitu mempersiapkan para santri untuk menjadi orang alim dalam ilmu agama yang diajarkan oleh kiai yang bersangkutan serta dalam mengamalkan dan mendakwahkannya dalam masyarakat.

Sebagai lembaga yang tertua, sejarah perkembangan pondok pesantren memiliki model-model pengajaran yang bersifat nonklasikal, yaitu model sistem pendidikan dengan metode pengajaran wetonan dan serogan. Di Jawa Barat, metode tersebut diistilahkan dengan benndungan, sedangkan di Sumatera digunakan istilah halaqah. [26]

1)      Metode wetonan (halaqah). Metode yang di dalamnya terdapat seorang kiai yang membaca suatu kitab dalam waktu tertentu, sedangkan santrinya membawa kitab yang sama lalu santri mendengar dan menyimak bacaan kiai. Metode ini dapat dikatakan sebagai proses belajar mengaji secara kolektif.

2)      Metode serogan. Metode yang santrinya cukup pandai men-sorog-kan (mengajukan) sebuah kitab kepada kiai untuk dibaca dihadapannya, kesalahan dalam bacaannya itu langsung dibenari kiai. Metode ini dapat dikatakan sebagai proses belajar mengajar individual.

Ciri-ciri khusus dalam pondok pesantren adalah isi kurikulum yang dibuat terfokus pada ilmu-ilmu agama, misalnya ilmu sintaksis Arab, morfologi Arab, hukuk Islam, sistem yurisprudensi islam, Hadis, tafsir Al-Quran, teologi islam, tasawuf, tarikh, dan retorika. Dan literatur ilmu-ilmu tersebut memakai kitab-kitab klasik yang disebut dengan  istilah “kitab kuning”. [27]

Pada tahap selanjutnya, pondok pesantren mulai menampakkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan islam yang terdapat, yaitu di dalamnya didirikan sekolah, baik formal maupun nonformal. Akhir-akhir ini pondok pesantren mempunyai kecenderungan-kecenderungan baru dalam rangka inovasi terhadap sistem yang selama ini digunakan, yaitu:[28]

1)                      Mulai akrab dengan metodelogi modern.

2)                      Semakin berorientasi pada pendidikan yang fungsional, artinya terbuka atas perkembangan di luar dirinya.

3)                      Diversifikasi program dan kegiatan makin terbuka dan ketergantungannya dengan kiai tidak absolute, dan sekaligus dapat membekali para santri dengan berbagai pengetahuan di luar mata pelajaran agama maupun keterampilan yang diperlukan di lapangan kerja

4)                      Dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan masyarakat.

Di pihak lain, pondok pesantren kini mengalami transformasi kultur, sistem dan nilai. Pondok pesantren yang dikenal dengan salafiyah (kuno) kini telah berubah menjadi khalafiyah (modern). Transformasi tersebut sebagai jawaban atas kritik-kritik yang diberikan pada pesantren dalam arus transformasi ini, sehingga dalam sistem dan kultur pesantren terjadi perubahan yang drastis, misalnya: [29]

1)                          Perubahan  sistem pengajaran dari perseorangan atau serogan menjadi sistem klasikal yang kemudian kita kenal dengan istilah madrasah (sekolah);

2)                          Pemberian  pengetahuan umum disamping masih mempertahankan pengetahuan agama dan bahasa arab;

3)                          Bertambahnya  komponen pendidikan pondok pesantren, misalnya keterampilan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat sekitar, kepramukaan untuk melatih kedisiplinan dan pendidikan agama, kesehatan dan olahraga, serta kesenian yang islami;

4)                          Lulusan pondok pesantren diberikan syahadah (ijazah) sebagai tanda tamat dari pesantren tersebut dan ada sebagian syahadah tertentu yang nilainya sama dengan ijazah negeri.

 

Madrasah Sebagai Lembaga Pendidiakan Islam

Madrasah adalah isim masdar dari kata darasa yang berarti sekolah atau tempat untuk belajar. Dalam perkembangan selanjutnya, madrasah sering dipahami sebagai lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan. Adapun sekolah sering dipahami sebagai lembaga pendidikan yang berbasis pada ilmu pengetahuan pada umumnya. Madrasah sebagai lembaga pendidikan merupakan fenomena yang merata di seluruh negara, baik pada negara-negara Islam, maupun negara lainnya yang di dalamnya terdapat komunitas masyarakat Islam. [30]

Sebagian ahli sejarah berpendapat, bahwa madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam muncul dari penduduk Nisapur, tetapi tersiarnya melalui Perdana Menteri Bani Saljuk yang bernama Nidzam al-Muluk, melalui Madrasah Nidzamiah yang didirikannya pada tahun 1065 M. [31] Selanjutnya, Gibb dan Kramers menuturkan bahwa pendiri madrasah terbesar setelah Nizam al-Mulk adalah Shalah al-Din al-Ayyubi. [32]

Kehadiran madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam setidaknya mempunyai empat latar belakang, yaitu: [33]

1)                      Sebagai  manifestasi dan realisasi pembaharuan sistem pendidikan Islam;

2)                      Usaha  penyempurnaan terhadap sistem pesantren ke arah suatu sistem pendidikan yang lebih memungkinkan lulusannya untuk memperoleh kesempatan yang sama dengan sekolah umum, misalnya masalah kesamaan kesempatan kerja dan perolehan ijazah;

3)                      Adanya  sikap mental pada sementara golongan umat Islam, khususnya santri yang terpukau pada Barat sebagai sistem pendidikan mereka ; dan

4)                      Sebagai  upaya untuk menjembatani antara sistem pendidikan tradisional yang dilakukan oleh pesantren dan sistem pendidikan modern dari hasil akulturasi.

Menurut Abuddin Nata, khususnya di Indonesia dinamika pertumbuhan dan perkembangan madrasah jauh lebih kompleks dibandingkan dengan dinamika pertumbuhan dan perkembangan madrasah di negara lain. Selain terdapat madrasah diniyah yang kurikulumnya terdiri dari mata pelajaran agama: Al-quran, al-Hadis, Fiqh/Ushul fiqh, Aqidah Akhlak, Sejarah Islam dan bahasa Arab juga terdapat madrasah sebagai sekolah umum yang berciri khas agama, mulai dari tingkat Ibtidaiyah hingga Aliyah. Madrasah Diniyah dimaksudkan untuk membangun sikap keberagamaan dan pemahaman terhadap materi agama yang kuat, dan hanya berlangsung hingga kelas empat. Adapun madrasah sebagai sekolah umum yang berciri khas agama dimaksudkan untuk membangun sikap keberagamaan (riligiusitas) bagi para pelajar yang nantinya akan menekuni bidang keahlian sesuai dengan pilihannya. Di antara madrasah tersebut sebagian besar rata-rata lebih dari 80% berstatus swasta, sedangkan sisanya berstatus madrasah negeri. [34]

Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan wahana yang benar-benar memenuhi elemen-elemen institusi secara sempurna, yang tidak terjadi pada lembaga-lembaga pendidikan yang lain. Frank P. Besag dan Jack L. Nelson menyatakan elemen institusi sekolah terdiri atas tujuh macam, yaitu: [35]

1)                      Utility (kegunaan dan fungsi). Suatu lembaga sekolah diharapkan memberi kontribusi terhadap  tuntutan masyarakat yang ada, tuntutan kelembagaan sendiri dan aktor.

2)                      Actor (pelaku). Actor berperan dalam pelaksanaan tujuan dan fungsi kelembagaan, sehingga actor tersebut mempunyai status dalam institusi tempat ia berada.

3)                      Organisasi. Organisasi dalam institusi tergambar dengan beberapa bentuk dan hubungan-hubungannya antar-aktor.

4)                      Share in society (tersebar dalam masyarakat). Institusi memberikan seperangkat nilai, ide, dan sikap dominan dalam masyarakat, serta mempunyai hubungan-hubungan dengan institusi lain, baik terhadap sistem politik, ekonomi masyarakat, kebudayaan, pengetahuan, dan kepercayaan.

5)                      Sanction (sanksi). Institusi memberikan penghargaan dan hukuman bagi actor. Wewenang sanksi diperlakukan bila berhubungan dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat tempat institusi berada, dan sanksi dijatuhkan sesuai dengan ukurannya.

6)                      Ceremony (upacara, ritus, dan simbol). Upacara dalam pendidikan dilakukan sebagai pengikat tentang status, pengetahuan, dan nilai seperti acara wisuda.

7)                      Resistance to change (menentang perubahan). Institusi berorientasi terhadap status quo akan menimbulkan problem baru. Institusi didirikan untuk tujuan sosial tertentu, sehingga ia hidup dengan cara tertentu pula. Oleh karena itu, actor sering khawatir melakukan kesalahan, walaupun hal-hal yang dilakukan mengandung inovasi positif. Perubahan yang terjadi akan menjadi sorotan masyarakat.

 

Majlis Ta’lim Sebagai Lembaga Pendidiakan Islam

1)      Pengertian Majlis Ta’lim

Dalam    Kamus    Bahasa      Indonesia pengertian majlis adalah   Lembaga  (Organisasi) sebagai wadah pengajian dan kata Majlis dalam kalangan ulama’ adalah lembaga masyarakat nonpemerintah yang terdiri atas para ulama’ Islam.

Adapun arti  Ta’lim adalah  Pengajaran , jadi menurut arti dan pengertian di atas maka secara istilah Majlis Ta’lim adalah Lembaga Pendidikan Non Formal Islam yang memiliki kurikulum sendiri/aturan sendiri, yang diselenggarakan secara berkala dan teratur, dan diikuti oleh jama’ah yang relatif banyak dan bertujuan untuk membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara manusia dan Allah, manusia dan sesamanya dan manusia dan lingkungannya, dalam rangka membina masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Dari pengertian di atas tentunya Majlis Ta’lim mempunyai perbedaan  dengan lembaga lembaga lainnya, tentunya sebagai lembaga nonformal memiliki ciri-ciri sebagai berikut  :

1)               Sebagai lembaga non formal maka kegiatannya dilaksanakan dilembaga-lembaga khusus masjid, mushola, atau rumah-rumah anggota bahkan sampai ke hotel-hotel.

2)               Tidak ada aturan kelembagaan yang ketat sehingga sifatnya suka rela. Tidak ada kurikulum, yang materinya adalah segala aspek ajaran agama.

3)               Bertujuan mengkaji , mendalami dan mengamalkan ajaran Islam disamping berusaha menyebarluaskan.

4)               Antara ustadz pemberi materi dengan jamaah sebagai penerima materi berkomonikasi secara langsung. [36]

Berarti Majlis Ta’lim adalah wadah pembentuk jiwa dan kepribadian yang agamis yang berfungsi sebagai stabilisator dalam seluruh gerak aktivitas kehidupan umat Islam Indonesia, maka sudah selayaknya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami mendapat perhatian dan dukungan dari masyarakat, sehingga tercipta insan-insan yang memiliki keseimbangan antara potensi intelektual dan mental spiritual dalam upaya menghadapi perubahan zaman yang semakin global dan maju.

2)      Tujuan dan Fungsi Majlis Ta’lim

Setelah kita tahu tentang pengertian Majlis Ta’lim sebagai lembaga non formal yang mempunyai kedudukan dan fungsi  sebagai alat dan sekaligus sebagai media pembinaan dalam beragama ( da’wah Islamiyah ), hal ini dapat dirumuskan fungsi Majlis Ta’lim sebagai berikut :

a.         Membina dan mengembangkan ajaran Islam dalam rangka membentuk masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT.

b.        Sebagai taman rekreasi rohaniyah karena penyelenggaraanya bersifat santai

c.         Sebagai ajang berlangsungnya silaturrohnmi masa yang dapat menghidupsuburkan da’wah dan ukhuwah Islamiyah.

d.        Sebagai sarana dialog berkesinambungan antara ulama’ dan umara’ dengan umat.

e.         Sebagai media penyampaian gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan umat dan bangsa pada umumnya. [37]

Dilihat dari segi tujuan, majlis ta’lim termasuk sarana dakwah Islamiyah yang secara self . standing dan self disciplined mengatur dan melaksanakan berbaga ikegiatan berdasarkan musyawarah untuk mufakat demi untuk kelancaran pelaksanaan ta’lim Islami sesuai dengan tuntutan pesertanya. Dilihat dari aspek sejarah sebelum kemerdekaan Indonesia sampai sekarang banyak terdapat lembaga pendidikan Islam memegang peranan sangat penting dalam penyebaran ajaran Islam di Indonesia. Disamping peranannya yang ikut menentukan dalam membangkitkan sikap patriotismedan nasionalisme sebagai modal mencapai kemerdekaan Indonesia, lembaga ini ikutserta menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dilihat dari bentuk dan sifat pendidikannya, lembaga-lembaga pendidikan Islam tersebut ada yang berbentuk langgar, surau, rangkang. [38]

 

3)      Peranan Majlis Ta’lim

Majlis Ta’lim merupakan lembaga pendidikan masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari kalangan masyarakat Islam itu sendiri yang kepentingannya untuk kemaslahatan umat manusia.

Pertumbuhan Majlis Ta’lim dikalangan masyarakat menunjukkan kebutuhan dan hasrat anggota masyarakat tersebut akan pendidikan agama. Pada kebutuhan dan hasra masyarakat yang lebih luas yakni sebagai usaha memecahkan masalah–masalah menuju kehidupan yang lebih bahagia. Meningkatkan tuntutan jamaah dan peranan pendidikan yang bersifat nonformal, menimbulkan pula kesadarana dari dan inisiatif dari para ulama beserta anggota masyarakat untuk memperbaiki , meningkatkan  dan mengembangkan kwalitas dan kemampuan , sehingga eksistensi dan peranan serta fungsi majlis ta’lim benar benar berjalan dengan baik. [39]

Disamping peranan Majlis Ta’lim terdapat pada fungsi di atas , namun disini H.M. Arifin mengatakan bahwa “ Peranan secara fungsional majelis taílim adalah mengokohkan landasan hidup  manusia  muslim  Indonesia  pada  khususnya di  bidang  mental  spiritual keagamaan  Islam  dalam  upaya  meningkatkan  kualitas  hidupnya  secara  integral, lahiriah  dan  batiniahnya,  duniawi  dan  ukhrawiah

KESIMPULAN

Lembaga pendidikan Islam adalahtempat berlangsungnya proses pendidikan Islam bersama dengan prosespembudayaan serta dapat mengikat individu yang berda dalamnaungannya, sehingga lembaga ini mempunyai kekuatan hukum.

Pendidikan Islam yang berlangsung melalui proses operasionalmenuju tujuannya, memerlukan sistem yang konsistem dan dapatmendukung nilai-nilai moral apiritual yang melandasinya. Nilai-nilaitersebut diaktualisasikan berdasarkan otentasi kebutuhan perkembanganfitrah siswa yang dipadu dengan pengaruh lingkungan kultural yang ada.

Lembaga pendidikan Islam secara umumbertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayalan danpengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusiamuslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlakmulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangsa danbernegara.

Tugas lembaga pendidikan pada intinya adalah sebagai wadah untukmemberikan pengarahan, bimbingan dan pelatihan agar manusia dengansegala potensi yang dimilikinya dan dapat dikembangkan dengan sebaikbaiknya.Tugas lembaga pendidikan Islam yang terpenting adalah dapatmengantarkan manusia kepada misi penciptaannya sebagai hamba Allahsebagai kholifah fi Al-Ardhi, yaitu seorang hamba yang mampu beribadahdengan baik dan dapat mengembangkan amanah untuk menjaga dan untukmengelolah dan melesarikan bumi dengan mewujudkan kebahagiaan dankesejahteraan seluruh alam.

Beberapa jenis lembaga pendidikan islam, yaitu keluarga, masjid, pondok pesantren dan madrasah.Selain yang di ungkapkandari Abdul MujibdanjusufMudzakkirjugaakandipaparkantentanglembagapendidikan Islam MajelisTa’limdanPerguruanTinggi Islam (IAIN).

Referensi

Http://Tinulad.Wordpress.Com/Sedikit-Uraian-Sejarah-Pendidikan / Diakses Tanggal 25-02-2010

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ke-2.Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. 2010.  Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Ramayulis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ke-9. Jakarta: Kalam Mulia.

Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Cet. K-10.Bandung: Rosda.

Pius Partanto, M. Dahlan Al Barry, kamus ilmiah populer (Surabaya: Arkola, 1994) hlm. 406

Muhimin, Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Trigenda Karya, 1993), hlm. 231

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 231.

Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam  di Indonesia,  Bandung, 1996, hal 40

Dra.Hj.Enung K Rukiati dan Dra.Fenti Hikmawati,Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,( Bandung : Pustaka Setia , 2006 ), Cet. 1, hal. 134

Zuhairi, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1997), hal. 192

Hasbullah. 1996. KapitaselektaPendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, hlm: 102-103

[1] Http://Tinulad.Wordpress.Com/Sedikit-Uraian-Sejarah-Pendidikan/ Diakses Tanggal 25-02-2010

[2] Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2011), Cet ke.9, hlm. 277.

[3] Ibid

[4] Ibid. hlm. 278.

[5] Ibid.

[6] Ibid.

[7] Pius Partanto, M. Dahlan Al Barry, kamus ilmiah populer (Surabaya: Arkola, 1994) hlm. 406

[8] Muhimin, Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Trigenda Karya, 1993), hlm. 231

[9] Muhimin, op.cit., hlm. 127

[10] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Kencana, 2008), Cet ke 2, hlm. 226.

[11] Ramayulis, Op Cit., hlm. 283.

[12] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Loc Cit.

[13] Ibid. hlm. 227.

[14] Ibid. hlm 228.

[15] Anas Salahudin, Filsafat Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011). hlm. 216.

[16] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 231.

[17] Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010). Hlm. 102.

[18] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Loc. Cit.

[19] Ibid. hlm 231-232.

[20] Ibid. hlm. 232-233.

[21] Abuddin Nata, Op. Cit., hlm. 195.

[22] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 234.

[23] Ibid.

[24] Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Rosda, 2010), Cet ke 10. hlm. 191

[25] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 235.

[26] Ibid. hlm. 236.

[27] Ibid

[28] Ibid. hlm. 237.

[29] Ibid.

[30] Abuddin Nata, Op. Cit., hlm. 199

[31] Ibid.

[32] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 241

[33] Ibid.

[34] Abuddin Nata, Op. Cit., hlm. 201.

[35] Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op. Cit., hlm. 242.

[36] Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam  di Indonesia,  Bandung, 1996, hal 40

[37] Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam  di Indonesia,  Bandung, 1996, hal 40

[38] Dra.Hj.Enung K Rukiati dan Dra.Fenti Hikmawati,Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,( Bandung : Pustaka Setia , 2006 ), Cet. 1, hal. 134

[39] Zuhairi, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1997), hal. 192